Tetap Sehat dengan Bahan Alami Kaya Antioksidan Asli dari Indonesia

Tetap Sehat dengan Bahan Alami Kaya Antioksidan Asli dari Indonesia

Tren superfood tinggi antioksidan makin meningkat seiring dengan kesadaran untuk hidup sehat. Tapi makanan sehat ini seringkali dikaitkan dengan barang impor yang harganya mahal. Saatnya menggali kekayaan alam Indonesia yang sudah turun-temurun dipercaya mampu menjaga kesehatan dan aman dikonsumsi, seperti berikut ini.

 

1. Serai

Bentuk serai mudah dikenali dari batangnya yang tinggi dengan aroma segar mirip lemon. Selain diekstrak minyaknya untuk dijadikan aromaterapi, serai juga diolah menjadi minuman hangat yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung beberapa antioksidan seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Gunakan sebagai bumbu masak atau olah jadi teh hangat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

2. Temulawak

Keberadaan temulawak di pasaran sempat langka, setelah banyak yang memburunya untuk memperkuat daya tahan tubuh di tengah pandemi. Menurut situs Healthline, radikal bebas atau molekul yang tak stabil dan sangat reaktif ini dapat merusak sel-sel tubuh.

Jika jumlahnya melebihi kemampuan tubuh untuk menetralkannya, maka terjadi kerusakan oksidatif dan memicu berbagai gangguan kesehatan. Curcumin di dalam temulawak berfungsi sebagai antioksidan yang bukan hanya menetralkan radikal bebas, tapi juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit.

 

3. Pala

Rempah asli Indonesia ini memberikan rasa sedikit pedas dan sering digunakan untuk membuat kari, kue hingga minuman hangat. Meskipun ukurannya kecil, pala memiliki kadar antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, akibat radikal bebas.

Menurut jurnal Phytochem Rev., pala mengandung berbagai antioksidan seperti cyanidins, phenylpropanoids, terpenes, protocatechuic, ferulic, and caffeic acids. Deretan antioksidan ini dapat menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan sel, sehingga terhindar dari turunnya daya tahan tubuh dan penyakir seperti kanker maupun jantung.

 

4. Jahe

Bukan hanya dijadikan bumbu masak, jahe juga sudah digunakan dalam pengobatan tradisional, mulai dari mengurangi mual, membantu melawan flu hingga menurunkan kadar kolesterol. Bisa dimanfaatkan dalam kondisi segar, jahe juga diolah menjadi bentuk bubuk hingga esensial oil yang mengandung gingerol, komponen yang memberi aroma dan rasa yang unik. Menurut hasil penelitian yang dimuat di jurnal Nat Prod Commun., gingerol merupakan senyawa bioaktif utama dalam jahe yang memiliki efek antioksidan yang kuat.

 

5. Ganggang Merah

Ganggang merah merupakan salah satu kekayaan alam indonesia yang memiliki manfaat yang luar biasa. Warna Merah pada ganggang jenis ini dikarenakan kaya akan kandungan Astaxanthin.

Menurut situs Healthcareweekly, Astaxanthin sering disebut sebagai raja karotenoid karena reputasinya sebagai salah satu antioksidan paling kuat yang ditemukan di alam untuk menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Kemampuannya digadang-gadang 6000 kali lebih besar dibandingkan vitamin C, 800 kali lebih kuat dibandingkan CoQ-10 dan 110 kali lebih efektif dibandingkan vitamin E. Bukan hanya efektif menetralkan radikal bebas, Astaxanthin juga nggak akan berubah menjadi pro-oksidan yang membuatnya efektif mengatasi kerusakan oksidatif dan menjaga kesehatan tubuh.

Tak perlu membayangkan rumitnya mengolah bahan alami tinggi antioksidan ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Beralih ke cara yang praktis seperti rutin konsumsi suplemen Astria yang mengandung Astaxanthin, antioksidan terkuat yang berasal dari ekstrak ganggang merah alami. Berbentuk oil dengan kadar 10% yang dikemas dalam kapsul lunak, Suplemen Astria mudah larut dalam air dan lemak sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Menggunakan bahan alam Indonesia juga menjadi salah satu cara untuk memperlihatkan kecintaan pada tanah air. Termasuk Semangat Nasionalisme Astria, yang disimbolkan dalam merahnya produk dan putihnya kemasan sebagai refleksi kekuatan produk dan keinginan untuk ikut menjaga kesehatan generasi aktif. Yuk, tetap sehat dengan produk alami kebanggaan Indonesia!