Tahu Nggak Sih, Radikal Bebas Ternyata Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh?

Tahu Nggak Sih, Radikal Bebas Ternyata Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh?

Tak sedikit yang masih merasa takut saat memasuki masa new normal. Pasalnya, tanpa vaksin dan obat yang tepat, kamu hanya bisa mengandalkan daya tahan tubuh yang kuat untuk menangkal serangan penyakit.

Namun, paparan radikal bebas, baik dari lingkungan yang tercemar seperti polusi udara, gampang stres hingga gaya hidup yang nggak sehat bisa bikin kekebalan tubuh menurun. Bukan saatnya untuk menyerah begitu saja. Menurut dr. Adhika Putra Rakhmatullah, ada cara ampuh untuk menangkal radikal bebas dan mempertahankan daya tahan tubuh.

 

1. Memahami Pemicu Munculnya Radikal Bebas

Menurut dr. Adhika, radikal bebas diibaratkan sebagai self-attacker yang dihasilkan dari proses metabolisme, yang kemudian berbalik menyerang tubuh. Mengandung elektron tunggal, molekul yang nggak stabil ini akan menarik electron dari molekul lain dan mengubahnya menjadi radikal bebas yang baru.

Peningkatan radikal bebas juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti makanan yang dikonsumsi, adanya polusi udara, hingga melakukan aktivitas fisik secara berlebihan. Jika dibiarkan, kondisi ini akan memicu stres oksidatif dan berpengaruh pada kerusakan sel-sel tubuh, termasuk menurunkan daya tahan tubuh.

 

2. Pengaruhnya pada Kesehatan Tubuh

Dalam jumlah kecil, radikal bebas sebenarnya nggak berbahaya. Tapi jika terlalu banyak, tubuh akan kesulitan menetralkannya sehingga memicu stres oksidatif. Kerusakan sel yang semakin banyak, dampaknya pun dapat mengganggu kesehatan bahkan penampilanmu. Mulai dari penuaan dini seperti kusam dan kerutan pada kulit, berbagai penyakit seperti kanker dan penyakit jantung, hingga menurunnya daya tahan tubuh yang membuka kesempatan pada virus atau bakteri penyebab penyakit.

 

3. Konsumsi Astaxanthin yang ampuh melawan radikal bebas

Sering disebut di dunia kesehatan maupun kecantikan, antioksidan merupakan senjata ampuh untuk melawan radikal bebas. Molekul inilah yang bekerja melengkapi molekul-molekul yang nggak stabil, sehingga mencegahnya berubah menjadi radikal bebas. Menurut situs Livescience, tubuh sebenarnya menghasilkan antioksidan sendiri tapi hasilnya nggak cukup untuk mengatasi stres oksidatif.

Jenis antioksidan pun beragam dan bisa ditemukan di sayur, buah, biji-bijian maupun kacang-kacangan yang dikonsumsi setiap harinya. Tapi jika dirasa nggak cukup, bisa menambahkan suplemen yang mengandung antioksidan seperti Astaxanthin.

Astaxanthin sendiri dikenal sebagai Antioksidan terkuat di alam dan lebih efektif dalam mengatasi radikal bebas. Selain lebih kuat 6000 kali dibanding vitamin C, juga 800 kali dibanding CoQ-10 dan 110 kali dibanding vitamin E. Cara kerja Astaxanthin pun terbilang unik karena mampu bekerja secara intra-seluler atau di dalam sel, sehingga lebih efektif mencegah kerusakan sel.

 

4. Sinergi Astaxanthin dan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Kemampuan Astaxanthin dalam mengatasi radikal bebas memang lebih besar ketimbang vitamin C. Tetapi kombinasi antara Astaxanthin dan Vitamin C ternyata memberikan efek optimal untuk menjaga daya tahan tubuh.

Dijelaskan oleh dr.Adhika, vitamin C yang larut dalam air ini membantu pencegahan maupun penyembuhan radang yang terjadi di luar sel. Hasilnya, sinergi Astaxanthin dan vitamin C lebih optimal dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak oleh radikal bebas, baik dari dalam maupun luar sel.

Siapa sangka kalau radikal bebas berdampak besar dalam penurunan daya tahan tubuh dan memicu berbagai penyakit. Saatnya lindungi kesehatan tubuh dengan konsumsi antioksidan terkuat di alam, Astaxanthin. Ditemukan secara alami di ganggang merah, kebaikan Astaxanthin kini bisa diperoleh dari Suplemen Astria.

Memiliki kadar 10%, suplemen ini juga merupakan satu-satunya yang mengandung Astaxantin dalam bentuk oil, yang membuatnya lebih mudah larut dalam lemak dan air. Dikemas praktis dalam bentuk soft capsule yang aman dikonsumsi setiap hari, cukup minum 1 kapsul Suplemen Astria per hari untuk melawan radikal bebas dan jaga daya tahan tubuh tetap prima!