Bulan Ramadan Sudah Lewat Tapi 4 Kebiasaan Sehat Ini Jangan Ditinggalkan

Bulan Ramadan Sudah Lewat Tapi 4 Kebiasaan Sehat Ini Jangan Ditinggalkan

Ada perasaan yang campur aduk saat bulan ramadan telah usai. Senang dan bangga karena sudah melewati ibadah puasa dengan lancar tapi juga sedih karena momen ini hanya terjadi sekali dalam setahun. Untungnya, kamu tetap bisa meneruskan kebiasaan saat berpuasa yang dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan.


1. Melatih Kesabaran

Bukan hanya menahan nafsu makan atau minum, bulan Ramadan menjadi kesempatan emas untuk melatih pengendalian diri. Jika biasanya hal-hal kecil bisa membuatmu marah atau kecewa, sebulan ini kamu berusaha untuk melatih diri menjadi pribadi yang lebih sabar dan ikhlas.

Tanpa disadari, caramu mengingatkan diri untuk berpikir positif dan menahan emosi menjadi kebiasaan baru. Tidak heran jika usai Lebaran, kamu pun seakan terlahir kembali dengan kepribadian yang lebih sabar dalam menghadapi berbagai tantangan sehari-hari.


2. Terbiasa Mengatur Porsi Makanan

Awal berpuasa, kamu mungkin akan kesulitan mengerem kebiasaan ‘balas dendam’ saat berbuka puasa setelah seharian menahan lapar dan haus. Namun lambat laun sudah mulai terbiasa untuk mengatur porsi makan. Tidak lagi menyerbu meja makan, tapi mulai menikmati takjil dalam porsi kecil lalu dilanjutkan dengan konsumsi menu berat.

Selain porsinya, nutrisi harian pun jadi lebih seimbang dibanding hari-hari lainnya. Pasalnya, kamu mulai terbiasa meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang terbukti bikin kamu kenyang lebih lama dan berenergi meskipun seharian berpuasa.


3. Menghentikan Kebiasaan Buruk

Selalu punya niat untuk berhenti merokok tapi selalu gagal? Momentum puasa bisa jadi cara tepat untuk menghentikan kebiasaan merokok selamanya. Awalnya mungkin sulit bagi perokok aktif untuk tidak merokok selama 12 jam.

Biasanya, untuk mengalihkan pikiran dari keinginan merokok, kamu pun memilih untuk menyibukkan diri dengan banyak beribadah atau tidur untuk mengembalikan energi. Lama-kelamaan kamu jadi terbiasa dan siap menghentikan kebiasaan yang buruk bagi kesehatan ini.


4. Tidur Lebih Awal

Kebanyakan orang mengaku mudah lemas dan mengantuk selama menjalani puasa. Ini wajar saja, mengingat terbatasnya asupan makanan juga perubahan pola tidur yang tiba-tiba membuat tubuh mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru ini. Untuk mengatasinya, tidak sedikit yang memajukan jam tidur agar dapat memiliki jam tidur yang cukup.

Hal ini pun terbawa meskipun bulan puasa sudah usai. Terbiasa untuk tidur lebih awal, kamu pun secara otomatis bangun lebih dini, sehingga memberimu banyak waktu luang untuk berolahraga dan mempersiapkan menu sarapan dan bekal yang sehat.

Mungkin tak banyak yang menyadari jika kebiasaan berpuasa ini cukup efektif dalam menjaga kesehatan. Selain merasa lebih tenang, kamu juga mulai terbiasa dengan pola makan yang sehat dan bernutrisi, salah satunya meningkatkan konsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan.


Namun, untuk melawan radikal bebas yang dapat menurunkan kekebalan tubuh, merusak  sel tubuh, serta memicu penyakit degeneratif lainnya, perlu antioksidan yang kuat setiap hari. Salah satunya bisa didapatkan dari Astaxanthin alami yang berasal dari ganggang merah. Astaxanthin adalah senyawa antioksidan terkuat yang pernah ditemukan di alam sejauh ini. Senyawa ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh akibat radikal bebas. Terbukti 6000 kali lebih kuat dibanding vitamin C, 800 kali lebih kuat dibanding CoQ-10 dan 110 kali lebih kuat dibanding vitamin E, kandungan tunggal Astaxanthin ini kini bisa ditemukan dalam Suplemen Astria.

Suplemen yang mengandung Astaxanthin dengan satu-satunya yang berbentuk oil ini dikemas dalam kapsul lunak sehingga memudahkan penyerapannya oleh tubuh. Cukup konsumsi satu kapsul dalam sehari untuk menjaga daya tahan tubuh dan memelihara kesehatanmu setiap hari.

Yuk, jaga tubuh tetap sehat dengan mempertahankan 4 kebiasaan baik selama berpuasa ini.