Anti Lengah Saat Beraktivitas di Luar Rumah, Ini Panduan Sehatnya!

Anti Lengah Saat Beraktivitas di Luar Rumah, Ini Panduan Sehatnya!

Berbulan-bulan menjalani karantina diri di rumah, masa new normal memberimu kesempatan untuk kembali beraktivitas seperti biasa. Sayangnya, Virus Covid-19 ini tidak bisa hilang begitu saja dan hingga kini belum ditemukan obat maupun vaksin sehingga harus mengandalkan daya tahan tubuh agar bisa survive dari Covid-19.

Apapun aktvitasmu, baik bekerja, berolaharaga atau sekadar berbelanja kebutuhan sehari-hari, jangan lengah dalam menjaga kesehatan. Apalagi kalau sudah terpapar radikal bebas yang berasal dari gaya hidup yang buruk, rentan stres dan polusi lingkungan yang berujung merosotnya daya tahan tubuh. Saatnya jaga kesehatan kini dan nanti dengan beberapa langkah berikut ini.

 

1. Mengikuti Protokol Kesehatan

Pilihan teraman di tengah pandemi ini adalah tetap tinggal di rumah, semakin sering bepergian maka semakin besar peluang untuk tertular penyakit. Tapi jika terpaksa harus mennggalkan rumah, ikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Mulai dari menggunakan masker dengan tepat, menghindari kerumunan, menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter dan membiasakan diri untuk mencuci tangan. Jangan lupa membawa perlengkapan pribadi yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman, seperti alat makan, tas belanja, hand sanitizer dan masker cadangan.

 

2. Menghindari Stres

Perubahan yang mendadak dan stay at home selama berhari-hari bisa memicu stres, yang bisa berdampak pada meningkatnya radikal bebas dalam tubuh. Dapat menurunkan daya tahan tubuh, jangan mengabaikan kesehatan mental.

Segera cari cara untuk mengelola stres, salah satunya dengan melakukan aktivitas yang dapat mengalihkan pikiranmu dari berita-berita negatif yang beredar lewat media sosial. Selain itu, usahakan untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga atau teman via video call dan jajal meditasi yang efektif meredakan stres.

 

3. Cukup Tidur

Kualitas dan kuantitas tidur yang baik dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain dapat menurunkan tingkat stres, menurut situs hopes.stanford, hormon melatonin yang diproduksi saat tidur bersifat oksidatif. Artinya, hormon ini mampu mengikat radikal bebas, pemicu gangguan kesehatan dan turunnya daya tahan tubuh. Sebaiknya, hindari terlalu banyak begadang dan miliki waktu istirahat minimal 7-8 jam di malam hari.

 

4. Rutin Olahraga

Walau belum bisa ke gym atau membatasi diri berolahraga di luar rumah, aktivitas fisik penting bagi kesehatan tubuh. Selain dapat membantu menjaga kesehatan, olahraga juga jadi cara jitu untuk mengurangi kecemasan dan stres. Luangkan waktu untuk melakukan minimal 30 menit berolahraga, misalnya berjalan kaki di sekitar rumah, menjajal kelas kebugaran secara online, atau bersepeda dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

 

5. Batasi Konsumsi Junk Food

Cepat saji dan lezat membuat processed food maupun fast food jadi favorit. Namun, kadar garam, gula tambahan dan lemak jenuh bisa memicu penambahan berat badan yang nggak diinginkan dan masalah kesehatan yang disebabkan jumlah radikal bebas di dalam tubuh.

Sebisa mungkin batasi konsumsi junk food dan olah resep masakan yang simpel namun tetap sehat. Isi dua pertiga piring dengan sayuran, biji-bijian dan buah-buahan dan sisanya berupa protein hewani tanpa lemak atau protein nabati.

Selain cara-cara ini, bila perlu lawan radikal bebas penyebab turunnya daya tahan tubuh dengan suplemen yang mengandung Astaxanthin. Diekstrak dari ganggang merah, Astaxanthin merupakan antioksidan alami terkuat yang memiliki bentuk oil dengan kadar 10%, yang efektif meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Astaxanthin pun terbilang unik karena mampu bekerja secara intra-seluler atau di dalam sel, sehingga lebih efektif mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dikemas dalam soft capsule yang praktis, Manfaat terbaik Astaxanthin kini bisa didapatkan dalam suplemen Astria, yang aman dikonsumsi secara rutin. Cukup 1 kapsul Suplemen Astria setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit. Jangan lengah jaga kesehatan agar selalu prima di masa new normal ini.